KEUNGGULAN KOMPETITIF
Keunggulan perusahaan dibandingkan pesaingnya adalah apabila perusahaan dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggannya
Untuk tujuan ini perusahaan mempersiapkan berbagai strategi
Dalam bidang Sistem Informasi, Keunggulan Kompetitif berhubungan dengan penggunaan informasi untuk memperoleh pengaruh di pasar
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
8 jenis elemen yang ada dalam lingkungan :
- Pemasok, menyediakan material, mesin, jasa dll.
- Pelanggan, mencakup pemakai dan calon pemakai
- Serikat Buruh, organisasi tenaga kerja
- Masyarakat Keuangan, terdiri dari institusi yang mempengaruhi sumber daya keuangan bagi perusahaan
- Pemegang Saham atau Pemilik, orang yang menanamkan uang di perusahaan
- Pesaing, mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasar
- Pemerintah, memberikan batasan-batasan dalam bentuk peraturan, tetapi juga memberikan bantuan
- Masyarakat global, wilayah geografis tempat perusahaan melakukan operasinya
DIMENSI KEUNGGULAN KOMPETITIF
Manajemen Puncak (Tingkat Stategis), arah dari sistem informasi dapat merubah arah strategi dari perusahaan
Manajemen Menengah (Tingkat Taktis), manajer dapat menetapkan bagaimana rencana-rencana strategis akan diimplementasikan
Manajer Bawah (Tingkat Operasional), manajer dapat menggunakan tehnologi informasi dengan berbagai cara untuk memperoleh data dan menciptakan informasi
MANAJEMEN INFORMASI
Aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya dengan cara yang efektif, dan membuangnya pada saat yang tepat
Sumber daya informasi suatu perusahaan terdiri dari :
• Perangkat keras komputer
• Perangkat lunak komputer
• Ahli informasi
• Pengguna
• Fasilitas
• Database
• Informasi
Dalam mencapai Keunggulan Kompetitif, Perusahaan harus mengatur sumber daya di atas secara optimal
KRITERIA MUTU DARI INFORMASI
• Relevan, informasi harus relevan ketika dibutuhkan untuk memecahkan suatu masalah
• Akurat, informasi harus akurat/tepat meskipun harus diperhatikan aspek biayanya
• Ketepatan Waktu, informasi harus tersedia ketika dibutuhkan untuk memecahkan suatu masalah
• Kelengkapan, informasi harus memberikan gambaran yang lengkap tentang suatu permasalahan atau suatu pemecahan masalah
RENCANA STRATEGIS UNTUK SUMBER DAYA INFORMASI
Pengembangan secara bersamaan dari rencana strategis jasa informasi dan rencana strategis perusahaan sehingga rencana perusahaaan mencerminkan dukungan yang disediakan oleh jasa informasi, dan rencana jasa informasi mencerminkan kebutuhan dukungan sistem di masa mendatang
Isi Rencana Strategis Sumber Daya Informasi :
- Tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap kategori dari sistem selama periode waktu yang dicakup dalam perencanaan
- Sumber daya informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut
Pengelolaan informasi dilakukan di unit khusus yang terdiri dari para ahli informasi yang dipimpin oleh seorang Chief Information Officer (CIO)
STRATEGI BISNIS GLOBAL
Empat strategi dasar yang dapat diikuti perusahaan multinasional dalam menggunakan informasi untuk mengkoordinasikan induk dan anak perusahaannya (Christopher A. Bartlett & Sumantra Ghoshal) :
- Strategi Desentralisasi Pengendalian, perusahaan induk membiarkan anak perusahaannya mengembangkan produk dan operasi mereka sendiri. Dengan pengaturan ini, sistem informasi memudahkan desentralisasi pengambilan keputusan, dan terdiri dari proses dan database yang berdiri sendiri
- Strategi Sentralisasi Pengendalian, perusahaan induk melakukan pengendalian. Dengan pengaturan ini, sebagian besar kapasitas sistem informasinya berlokasi di perusahaan induk dan dikirimkan kepada anak perusahaan
- Strategi Sentralisasi Keahlian, gabungan dari strategi sentralisasi pengendalian dan strategi desentralisasi pengendalian. Strategi ini membutuhkan tim manajemen di perusahaan induk yang memiliki keahlian dan kemampuan menembus pasar global. Perusahaan yang menerapkan strategi bisnis ini menggunakan sistem interorganisasi yang menghubungkan proses dan database perusahaan induk dengan anak perusahaan
- Strategi Penyebaran Keahlian dan Sentralisasi Pengendalian, Perusahaan induk dan anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi serta mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. Strategi ini menempatkan tanggungjawab yang besar pada pengelola database untuk memastikan keseragaman rancangan database di seluruh dunia
dikuip dari sumber : www.wikipedia.com
http://www.scribd.com/doc/57173872/Penggunaan-Teknologi-Informasi-Untuk-Keunggulan-Kompetitif
http://www.slideshare.net/siunindra/teknologi-informasi-sebagai-keunggulan-kompetitif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar